Rabu, 28 Oktober 2009

Cara Meningkatkan Kemampuan Jaringan Wireless


Jika kita adalah seorang administrator jaringan, tentu tidak asing lagi mendengar Wireless Network. Bila kita ingin memaksimalkan penggunaan jaringan wireless di lingkungan kerja atau sekolah, ada beberapa tips yang mungkin bisa menjadi pedoman untuk memaksimal Jaringan wireless kita. Mungkin juga kenal dengan wireless GSM maupun wireless CDMA.

(1) Posisikan wireless router (atau wireless access point) di tengah lokasi

Seharusnya kita meletakan wireless router pada tengah-tengah area atau ruangan yang ingin kita jangkau. Jika tidak memungkinkan, berarti kita harus meletakkannya di area yang terbuka, nantinya kita akan menambah peralatan lain untuk menguatkan sinyal dari wireless router.

wifi-01


(2) Jauhkan Wireless router dari bahan yang mengandung metal dan tinggikan dari lantai atau dinding.

Metal, dinding, dan lantai dapat menggangu sinyal wireless router kita. Usahakan peralatan kita tidak berdekatan dengan benda diatas. dengan berdekatan dgn benda tersebut akan melemahkan sinyal dari Wireless Router dan mengganggu penerimaan pada Laptop atau perangkai lainnya. Mungkin kita juga mengenal GSM Fax Machine, maupun CDMA Fax Machine.


(3) Gunakan Antena Wireless yang tepat.

Gunakanlah antena bawaan dari perangkat tersebut. Karena antena default dari wireless router sudah di design omni-directional, artinya sinyal dipancarkan ke segala arah. Tetapi jika kita ingin mengarahkan sinyal ke satu arah maka gunakanlah antena hi-gain atau antena arahan.

wifi-02


(4) Tukar wireless network adapter pada Komputer.

Prinsip Wireless network signals yang baik adalah dapat mengirim dan menerima sinyal ke komputer dan sebaliknya. Kadang perangkat wireless di Komputer kita tidak melakukan hal ini dengan baik, karena mungkin menggunakan tipe Hi-Gain antena, sehingga sinyal tidak dibalikan ke arah yang benar. Jika kita sudah menggunakan jenis yang tepat, berarti tidak perlu lagi melakukannya.


(5) Tambahkan wireless repeater.

Wireless repeaters digunakan untuk menambah jangkauan jarak dari dari sinyal yang dihasilkan oleh wireless router tanpa harus menambahkan kabel. Jika kita memiliki area yang cukup luas, sebaiknya ditambah dengan repeater. Salah satu produk dari wireless repeater adalah ViewSonic, D-Link, Linksys, dan Buffalo Technology.

wifi-03


(6) Pilih channel yang tepat untuk wireless router.

Sinyal yang dihasilkan oleh perangkat wireless kadang bisa diganggu atau adanya interferen dari perangkat Radio Amatir dan sejenisnya. Channel yang umum digunakan adalah 1, 6, dan 11. Ubahlah perangkat ke channel tersebut. Kita tidak perlu lagi mengubah konfigurasi pada perangkat yang tersambung di PC atau Laptop, karena secara otomatis akan terdeteksi.


(7) Mengurangi interferensi Sinyal Wireless.

Jika disekitar kita banyak menggunakan cordless phones atau perangkat elektronik lain yang menggunakan sinyal juga, makanya pastikan bahwa perangkat wireless kita berjalan di frekuensi 2.4GHz. Biasanya cordless phones menggunakan frekuensi 5.8GHz atau 900MHz.


(8) Update your firmware or your network adapter driver.

Lakukan update secara teratur Firmware dari Wireless Router yang anda gunakan. Cara dan info terbaru untuk melakukan update dapat mengunjungi Web site pembuat perangkat. Mungkin pernah mengenal sistem lain seperti wireless fax machine, wireless fax modem, dsb.


(9) Gunakanlah perangkat dari satu vendor.

Kadang kala Linksys router dapat bekerja dengan D-Link network adapter, tetapi belum tentu menghasilkan hasil yang sangat optimal. Makanya lebih baik kita menggunakan perangkat yang satu merk. Ngomong-ngomong tentang perangkat wireless, kita mengenal wireless GSM, wireless CDMA, wireless fax machine, wireless fax modem, dll.


(10) Upgrade 802.11b devices ke 802.11g.

Bukan memaksakan, tapi lakukanlah upgrade perangkat yang lama dari jenis 802.11b ke jenis terbaru seperti 802.11g. Karena dengan menggunakan versi terbaru menghasilkan kecepatan yang lebih tinggi. Secara teori jenis 802.11b memiliki daya transfer 2-5Mbps sedangkan 802.11g mencapai 13-23Mbps. Bahkan Belkin’s akan mengeluarkan peralatan yang mendukung 37-42Mbps.

D-Link International yang adalah salah satu penyedia produk network terbesar di dunia, mengeluarkan lagi anak produk seri Draft IEEE 802.11n yaitu wireless router D-Link DIR-615. Dengan sistem wireless, DIR-615 akan mengurangi penempatan biaya untuk sebuah router bahkan ketika router terpaksa dipindah-pindahkan. Selain itu, router ini juga dilengkapi teknologi keamanan yang terintergrasi untuk jaringan wireless.

"Sejak peluncurannya tahun lalu, router DIR-655Draft N telah terbukti menjadi router yang paling populer dan memiliki performa terbaik bagi pelanggan kami," kata George Wong, Direktur Marketing dari D-Link International Pte Ltd. "Untuk memperkenalkan konsumer baru pada Draft N,kami memutuskan untuk mengeluarkan DIR-615, router sederhana dari seri Draft N yang memberikan solusi terhadap biaya dan fitur keamanan yang ditingkatkan untuk jaringan wireless, dengan harga terjangkau. Dengan ini, kami berharap akan menarik minat konsumer baru untuk mencoba Draft N."

Teknologi Intelligent Antenna memperjauh jangkauan wireless.

Dengan teknologi D-Link Intelligent Antenna, DIR-615 menjanjikan koneksi wireless yang stabil, lebih cepat, dan menjangkau cakupan lebih luas dari teknologi sebelumnya yaitu 802.11g. Dengan mentransmisikan beberapa aliran data sekaligus, signal akan tetap jernih bahkan ke ujung terjauh kantor Anda. Teknologi ini compatible dengan Wi-Fi Alliance Draft 2.0 dan bekerja dengan Sistem Operasi Windows Vista. Fitur ini adalah contoh dari kelebihan Draft-N.

Fitur Keamanan Tambahan

DIR-615 mengsupport teknologi keamanan wireless terkini seperti WPA dan WPA2 yang menjamin enskripsi terbaik. DIR-615 juga mengsupport WPS untuk sistem keamanan yang lebih user-friendly, dan memungkinkan pemasangan dua firewall aktif (SPI dan NAT) untuk mencegah serangan potensial dari Internet.

Fleksibel dan Mudah Dioperasikan

DIR-615 dapat dikonfigurasikan dengan mudah menggunakan interface berbasis Web, juga dapat digunakan bersama DWA-645, DWA-547, DWA-140 and DWA-142 (seri adaptor wireless Draft N ) untuk mengoptimasikan keuntungan total memakai teknologi Draft N.

Logitech ClearChat PC Wireless Headset

Logitech mengeluarkan model pertama wireless stereo headset khusus untuk internet calling melalui PC
Logitech ClearChat PC Wireless headset, mengunakan frekuensi 2.4Ghz. Penguna tidak perlu terbelit kabel headphone, karena mengunakan tranmisi frekuensi.


Selama penguna berada pada jarak 10 meter maksimum, receiver dapat menerima signal dengan baik.

Sierra Wireless AirCard 875


Sierra Wireless AirCard 875 menghubungkan PC dan Mac seri lama ke jaringan HSDPA dari berbagai jaringan seluler berkecepatan tinggi yang saat ini berlomba-lomba menyediakan layanan tersebut. Meskipun demikian, peruntukan kartu jaringan nirkabel ini tentu utamanya untuk mendukung kebutuhan koneksi internet dengan mobilitas tinggi. Kemanapun dan dimanapun pemakai laptop berada, ia dapat menikmati internet selama di area tersebut mendapatkan sinyal yang cukup dari penyedia jaringan HSDPA yang digunakan.

Desain

AirCard 875 secara desain cukup baik. Dengan kombinasai warna hitam dan oranye yang merupakan ‘titipan’ Cingular karena AirCard 875 memang bekerja sama dan Cingular dan oleh karena itu terdapat logo Cingular pada bagian permukaan. Lampu LED berwarna biru mengindikasi kondisi aktif kartu tersebut, informsi 2G EDGE dan 3G HSDPA yang aktif, juga informasi jangkauan jelajah yang tersedia.

Setup

Sierra AirCard 875 tidak memerlukan proses instalasi yang rumit. Anda hanya perlu memasangnya pada laptop Anda, kemudian jalankan Connection Manager Software yang disertakan. Sama sekali tidak ada kesulitan pada pemakaian pertama.

Kinerja

Spesifikasi HSDPA saat ini memungkinkan kecepatan sebesar 3,6Mbps downstream dan 384Kbps upstream. Cukup kencang meskipun pada kenyataannya nanti tentu kecepatan ini tergantung load jaringan pada saat itu.

Ketika membandingkan AirCard 875 dengan AirCard 875U USB dan Option GT Max HSDPA pada Windows XP dan Vista, kami menemukan kinerja AirCard 875 menunjukkan kecepatan yang sangat baik. Hanya saja, data rates AirCard 875 sedikit lebih lambat dibanding 2 lainnya. Pada ujicoba perbandingan ketiga kartu modem wireless yang kami lakukan, kecepatan download yang ditunjukkan AirCard 875 rata-rata sebesar 878 Kbps dengan kecepatan puncak 1,51 Mbps, sementara kecepatan upload sebesar 284 Kbps.

Pada kedua modem lainnya, kecepatan download rata-rata berkisar pada angka 350 Kbps. Latency pada kedua kartu pembanding juga sangat mirip. Sehingga dapat dikatakan kinerja kedua modem tersebut hampir sama. Namun demikian, salah satu dari 2 modem tersebut mengalahkan AirCard 875 pada 30 ujicoba download dari 36 ujicoba yang dilakukan. Untuk hal ini, AirCard 875 menunjukkan tingkat penerimaan yang kurang lebih sama dengan AirCard 875U USB.

AirCard 875 beroperasi pada frekwensi 850, 1800, 1900 dan 2100 MHz. Dengan jangkauan tersebut AirCard 875 dapat digunakan diseluruh dunia. Ketika tidak dapat menemukan sinyal HSDPA, AirCard 875 tetap berusaha menyediakan koneksi internet dengan memanfaatkan jaringan EDGE. Jika kondisi berubah seperti itu, kami menyarankan Anda untuk menghubungkannya ke ponsel ketimbang laptop karena menggunakan jaringan EDGE pada laptop terkadang menimbulkan speaker pada laptop mengeluarkan suara mendengung yang muncul secara periodik. Mengingat semua operator penyedia jaringan HSDPA saat ini berlomba-lomba menggaet lebih banyak pelanggan, kualitas yang ditawarkan juga makin baik sehingga dapat dikatakan hilangnya sinyal HSDPA yang menyebabkan sinyal beralih ke EDGE sangat jarang terjadi.

Dengan mempertimbangkan luasnya frekwensi yang didukung, kami memutuskan untuk memilih AirCard 875 dan mencobanya pada saat melakukan kunjungan ke Barcelona. Tanpa melakukan konfigurasi ulang, kami mendapatkan kecepatan diatas 300 Kbps dengan kecepatan puncak sebesar 650 Kbps. Tidak secepat pada saat menggunakannya di rumah, tetapi kami tetap mendapatkan sinyal HSDPA dengan baik.

Kesimpulan

Sierra AirCard 875 merupakan pilihan yang baik untuk koneksi internet berkecapatan tinggi pada laptop. Meskipun pada AirCard 875U USB Anda akan menemukan tambahan fleksbilitas karena port yang digunakan adalah USB, AirCard 875 justru tidak akan merepotkan Anda dengan rutinitas pasang-copot pada saat sebelum dan setelah penggunaan karena Anda hanya perlu memasang AirCard 875 sekali saja pada slot PCMCIA dan tidak perlu melepasnya lagi, mengingat saat ini hampir tidak ada piranti lain yang menggunakan slot PCMCIA. Lain halnya dengan port USB yang sangat sibuk melayani berbagai berbagai piranti. (ella)

Detail Specifications :

Features
- Wireless data at speeds up to 3.6 Mbps on HSDPA capable networks
- High performance antenna in rugged housing
- Simultaneous voice (voip) and data capabilities
- Supports HSDPA and UMTS on the 2100, 1900, 850 Mhz band
- Supported by Sierra Wireless developer tools for third party user interface and applications
SIM Compatibility GSM
System Requirements
- Type II PC Card Slot
- 300 MHz Processor
- 256MB RAM
- Internet Explorer 5.5 or later
- 40MB Available Hard Disk Space
OS Compatibility Windows® Vista, XP, 2000
Others Includes:
- AirCard 875 LaptopConnect Card
- Connectivity Software
- Quick Start Guide

Kodak Mamfaatkan Teknologi OLED Dengan Wireless

Teknologi OLED (Organic Light Emitting Diode) dianggap sebagai solusi masa depan untuk kebutuhan monitor, baik untuk televisi ataupun komputer.

Sony unggul dengan memproduksi TV OLED pertama tapi sampai saat ini masih kesulitan untuk melakukan produksi massal. Demikian pula dengan Samsung, Panasonic dll.

Eastman Kodak Co. membuat terobosan bagaimana memanfaatkan teknologi OLED. Di New York minggu lalu, mereka memperkenalkan Picture Frame pertama di dunia dengan teknologi OLED. Dengan teknologi ini, bisa dihasilkan reproduksi gambar yang tajam dengan kualitas tinggi. Selain itu, monitor yang lebih tipis membuat tampilannya lebih cantik.

Kodak menanam teknologi Wi-Fi sehingga bisa menampilkan gambar secara nirkabel/wireless dari PC yang ada dimana saja di rumah.

Kodak OLED Wireless Frame menggunakan monitor tipis berdiameter 7.6 inch yang menghasilkan gambar luarbiasa darimanapun anda melihatnya. Untuk mendapatkan pengalaman melihat gambar terbaik, piranti ini dlengkapi dengan ambient light sensor yang bisa mengatur tingkat kecerahan (brightness) display. Masih ditambah dengan system audio premium untuk mereproduksi suara video, digital music dll.

Eye-Fi - Wireless SD Memory Card


Eye-Fi Inc., perusahaan yang didedikasikan untuk menolong orang-orang dalam mengelola, merawat, dan membagikan pengalaman mereka dalam memory digital, meluncurkan Eye-Fi Card — kartu memory SD wireless pertama di dunia untuk kamera digital. Kartu Eye-Fi itu menggunakan fasilitas Wi-Fi untuk transfer tanpa batas dari kamera digital ke PC anda.

Dengan fasilitas wireless ini, anda tidak perlu lagi membuang-buang waktu memasang kabel, card reader, atau plug-ins software. Cukup menyalakan kamera digital Anda dan gambar-gambar favorit Anda dapat langsung diupload. Kartu Eye-Fi dapat bekerja pada kamera digital yang mengsupport SD, baik keluaran terbaru atau yang sudah ada, seperti layaknya kartu SD biasa. Sebuah kartu Eye-Fi dengan kapasitas 2gb harganya USD$100.

"Kamera digital telah dipercanggih sedimikian rupa hingga memberi kemudahan mengambil gambar, namun selain itu prosesnya masih rumit," Kata Jef Holove, pimpinan eksekutif Eye-Fi. "Kartu Eye-Fi ini akan menghapus dinding ini dan memberi user kesenangan dalam menshare dan mencetak kenangan mereka. Kami kembali memasukkan keajaiban dalam fotografi."

"Kami juga tahu sebagian besar foto digital yang diambil tiap harinya tidak dicetak ataupun ditunjukan pada orang lain. Ini merupakan suatu kerugian bagi website-website photo sharing dan percetakan," tambah analis IDC Ron Glaz. "Kami mengantisipasi kamera wireless akan mengubah cara orang-orang mengelola foto-foto digital mereka dan kami percaya kartu Eye-Fi akan membantu perubahan ini."

"Kami bersemangat menjadi salah satu yang pertama untuk menjual kartu Eye-Fi dan kami berharap kartu Eye-Fi akan menjadi salah satu penjualan terbaik kami pada liburan nanti," kata Aaoron Maguire dari Buy.com. "Eye-Fi mengerti bagaimana pelanggan-pelanggan kami ingin sekali menghemat waktu dan solusi Eye-Fi memenuhinya."

Hardware Untuk Koneksi Wireless (Wi-Fi)

Komunikasi data menjadi sangat penting dalam kehidupan manusia saat ini. Kebutuhan akan adanya internet nirkabel, menuntut orang untuk meng-update periperal komputernya. Berikut adalah beberapa contoh alat-alat yang digunakan utk koneksi nirkabel (wireless)

Dibawah ini adalah contoh dari perangkat dan jenis untuk perlengkapan WIfi (Wireless Network)

Hardware Access Point + plus

Perangkat dibawah ini adalah perangkat standard yang digunakan untuk access point. Access Point dapat berupa perangkat access point saja atau dengan dual fungsi sebagai internal router. Bahkan pada model terbaru sudah ditambahkan teknologi Super G dengan kemampuan double transmisi, smart DHCP bagi client network dan hardware standard monitor serta Firewall dan sebagainya.

Alat Access point dapat dipasangkan pada sebuah hub, cable modem atau alat lainnya untuk menghubungkan computer dengan WIFI kedalam sebuah network lain.

PCMCIA Adapter

Alat ini dapat ditambahkan pada notebook dengan pada PCMCIA slot. Model PCMCIA juga tersedia dengan tipe G atau double transmit..

USB Wireless Adaptor

Termasuk perangkat baru dan praktis pada teknologi WIFI. Alat ini mengambil power 5V dari USB port. Untuk kemudahan USB WIFI adapter dengan fleksibel ditempatkan bagi notebook dan PC. Tetapi pada perangkat USB WIFI Adapter memiliki batasan. Sebaiknya mengunakan USB port 2.0 karena kemampuan sistem WIFI mampu mencapai data rate 54Mbps. Bila anda memerlukan kepraktisan, penambahan perangkat Wireless USB adaptor adalah pilihan yang tepat, karena bentuknya yang praktis dan dapat dilepas. Tetapi perlu diingatkan bahwa dengan supply power kecil dari USB port alat juga memilki jangkauan lebih rendah, selain bentuk antenna yang ditanam didalam cover plastik akan menghambat daya pancar dan penerimaan pada jenis perangak ini.


USB Add-on PCI slot

Perangkat ini umumnya diberikan bersama paket mainboard untuk melengkapi perangkat WIFI pada sebuah computer. Sama kemampuannya dengan PCI card wireless network tetapi mengunakan jack USB internal pada mainboard termasuk pemakaian power diambil dari cable tersebut. Perangkat pada gambar dibawah ini juga dapat diaktifkan sebagai Access Point melalui software driver. Kekuatan alat ini terletak pada antenna, dan memiliki jangkauan sama seperti PCI Wireless adaptor.

Mini PCI bus adapter

Perangkat miniPCI bus untuk WIFI notebook berbentuk card yang ditanamkan didalam case notebook. Berbeda dengan card yang digunakan pada computer dengan PCI interface. PCImini bus adalah slot PCI yang disediakan pada notebook dan pemakai dapat menambahkan perangkat seperti WIFI adaptor didalam sebuah notebook. Umumnya perangkat hardware dengan miniPCI bus tidak dijual secara umum, tetapi model terbaru seperti pada Gigabyte GN-WIAG01 dengan kemampuan WIFI Super G sudah dijual bebas untuk upgrade Wireless adaptor bagi sebuah notebook.

Perangkat mini PCI untuk wireless nantinya diberikan 2 buah socket antena dan terhubung dengan antena di sisi layar sebuah notebook. Untuk keterangan dimana perangkat ini dipasang, dapat dilihat pada gambar menginstall Mini PCI bus.

Install Mini PCI bus Wireless Adaptor - Click picture for detail

Adalah contoh sebuah notebook dengan interface PCIbus yang masih kosong.

Bila sebuah notebook sudah mendukung teknologi WIFI, biasanya sudah disediakan 2 kabel antenna yang menghubungkan PCIbus card ke external antenna.

Adalah penempatan jack antenna untuk PCImini card WIFI

PCI card wireless network

PCIcard Wireless network dapat juga berupa sebuah card WIFI yang ditancapkan pada slot computer atau dengan mengambil power dari USB tetapi dipasangkan pada PCI slot. Perangkat Wireless network dapat juga diaktifkan menjadi Access point. Perangkat jenis PCI card dipasangkan permanen pada sebuah desktop PC.

Belkin N1 Wireless Router

Belkin adalah vendor pertama yang mengeluarkan router yang berbasiskan standar 802.11n bahkan sebelum spesifikasi resminya dikeluarkan. Produk-produknya disebut Pre-N. N1 adalah produk pertama Belkin yang menawarkan standar 802.11n.

Anda akan mendapatkan performa terbaik dan jangkauan yang luas dengan menggunakan N1. Dengan menggunakan PC card standar 802.11g Intel mini-PCI di notebook yang kami gunakan, kami mendapatkan kecepatan 17 Mb/sec dari jarak 10 m. Akan tetapi jika menggunakan sebuah PC card N1, secara otomatis kecepatan melonjak hingga 31 Mb/sec.

Pada jarak yang jauh (sekitar 20 m dan berbeda ruangan), N1 dapat menawarkan kecepatan 18 Mb/sec antara Belkin PC card – kecepatan ini sudah cukup buat high-definition video. Jika menggunakan sebuah standar 802.11g adapter, kecepatan turun menjadi 13 Mb/sec. Jarak jangkauan yang tidak dapat ditangani PC card N1 sekitar 30 m.

Pada umumnya desain N1 tidak terlalu berbeda dengan pendahulunya Pre-N, yang membedakannya terletak pada cat yang membalutnya. N1 memiliki warna hitam yang mengkilap. Lalu adanya backlit icons yang baru, yang menerangkan status pekerjaan N1.

Tidak ada yang berubah dari interface-nya, akan tetapi berkat setup wizard yang baru di CD menawarkan kemudahan mengoneksikan N1 dengan ISP dan mengatur setingan nirkabel. Yang menurut saya ganjil, tidak adanya pengaturan untuk memberi password, sehingga N1 membiarkan sistem terbuka dengan luar. Untungnya, N1 didukung dengan WPA2 yang bekerja sebaik WPA dan WEP.

Perlindungan yang ditawarkan meliputi MAC address filtering, cloning dan cliet IP contol, tapi tidak dengan URL filtering. Hal ini dimungkinkan dengan adanya pilihan QoS dan dukungan UpnP. Anda dapat mematikan fungsi NAT dan menggunakan N1 hanya sebagai sebuah access point. DNS yang dinamis pun didukung oleh www.dyndns.com, menawarkan Anda menggunakan sebuah nama domain yang sama walaupun Anda tidak memiliki sebuah IP address yang tetap.

Kesimpulannya, N1 menawarkan kecepatan yang sangat baik dan memiliki jangkauan yang luas layaknya router dengan standar N pada umumnya. Router ini sangat cocok bagi Anda yang menginginkan kecepatan tinggi pada jaringan nirkabel. (ary)

Detail Specifications :

Data Rates Up to 300 Mbps in 40MHz Channel Mode
Radio Signal Type 802.11b/g/n
Encryption WPA, WPA2-Personal, 64-bit/128-bit encryption
Standards Protocol IEEE 802.11b , IEEE 802.11g , IEEE 802.11n draft*

Trendnet Wireless N-Draft Router 631BRP

Kelebihan
Kecepatan yang baik
Konfigurasi fitur keamanan yang banyak pilihannya
Dukungan dan jaminan yang baik

Kelemahan

Spesifikasi wireless yang ‘belum selesai’
Harga yang agak mahal


Trendnet TEW-631BRP
layak menjadi pilihan dengan berada di urutan teratas untuk nilai throughput pada serangkaian test laboratorium dalam daftar Draft N Routers.

Trendnet TEW-631BRP terlihat seperti tampilan router pada umumnya. Bermaterialkan plastik dengan tulisan “Trendnet” sebagai manufakturnya terdapat pada badan perangkat ini dengan barisan lampu indikator terlihat sepanjang bagian tepi depan. Lampu indikator berfungsi menyajikan informasi kepada pengguna Trendnet TEW-631BRP tentang status jika sedang bekerja ataukah sedang melakukan proses transfer data. Pada bagian tepi belakang TEW-631BRP terdapat 3 antena yang dapat direntangkan dan diputar untuk memaksimalkan kekuatan signal yang akan diterima. Dielengkapi dengan 1 port WAN, 4 port LAN, sebuah reset pinhole dan suatu tombol untuk mengubah kemampuan wireless dalam keadaan “On” atau “Off”.

Penyetingan pada router ini merupakan hal yang mudah. Meskipun demikian, cukup menarik bahwa Trendnet memutuskan tidak menyertakan CD untuk proses instalasi. Sebagai gantinya, panduan instalasi akan disajikan secara otomatis pada saat Anda menghubungkan TEW-631BRP . Instruksi akan diberikan kepada Anda untuk memasukkan default IP address router ke jendela Internet Explorer untuk mengakses utilitas konfigurasi.

Walaupun demikian, metode ini juga tidak lebih baik atau lebih buruk di bandingkan dengan menggunakan CD. Untuk para pemula mungkin akan terasa kurang nyaman dengan metode ini karena langkah-langkah instalasi dengan cara ini tidak sama seperti langkah-langkah proses instalasi apabila menggunakan CD. Ketika anda berada dalam utilitas konfigurasi, Anda akan mempunyai pilihan yang luas.

Untuk keamanan Anda dapat memilih antara None (tidak direkomendasikan), WEP, WPA, dan WPA2 untuk proteksi password. Perangkat ini juga mendukung MAC address filtering, SPI & NAT firewalls dan DMZ host. Untuk game, fitur StreamEngine memprioritaskan gaming paket untuk memberikan pengalaman kelancaran selama bermain.

Jika Anda termasuk orang yang peduli dengan situ web yang diakses oleh anggota keluarga Anda lainnya, maka menu Access Control akan membantu Anda untuk menentukan situs apa saja yang dapat diakses. Selain pembatasan situs, lebih jauh lagi TEW-631BRP membatasi akses website berdasarkan waktu akses. Fitur ini memberikan keleluasaan kepada Anda untuk melakukan penjadwalan akses internet.

Sementara Web Filters memungkinkan Anda menciptakan daftar website yang di perbolehkan untuk diakses. Dengan mengaktifkan fitur ini berarti situs yang tidak terdapat dalam daftar akan diblok dan tidak dapat diakses. Sayangnya Anda tidak mempunyai pilihan dalam membuat daftar lokasi situs yang boleh diakses tersebut.

Dalam pengujian terhadap perangkat ini, router Trendnet N-Draft tampil sebagai yang terbaik pada perbandingan short-range, throughput N-Draft menunjukkan angka 83.3Mbps. Pada tes mixed-throughput, TEW-631BRP mencatat nilai 57.1Mbps.

Selama ini Trendnet juga diakui sebagai yang terbaik dalam pengujian jarak jauh (200 feet) dengan nilai 54.1Mbps. Meskipun hasil uji laboratorium terhadap TEW-631BRP menunjukkan angka yang memuaskan, kami masih meragukan keseluruhan kemampuan Trendnet TEW-631BRP yang menjanjikan kecepatan hingga 300Mbps. Namun seperti kita semua ketahui, hampir tidak ada perangkat jaringan manapun yang sanggup menunjukkan kinerja 100% sama dengan yang tertera di spesifikasi. Dengan demikian, kecepatan yang dihasilkan Trendnet TEW-631BRP dalam pengujian merupakan kecepatan maksimum yang layak diperhitungkan. (andrew)

Detail Specifications :

LAN Interface (Built In) 4 x 10/100Mbps Auto-MDIX Port
WAN Interface (Built In) 1 x 10/100Mbps Auto-MDIX Port (Internet)
Dimensions (W x H x D) 122 x 30 x 180 mm
Weight 350g
Features
- Wi-Fi Compliant with IEEE 802.11n (draft) and IEEEE 802.11b/g Standards
- 4 x 10/100Mbps Auto-MDIX LAN Port and 1 x 10/100Mbps WAN Port (Internet)
- Supports Cable/DSL Modems with Dynamic IP, Static IP, PPPoE, PPTP and L2TP Connection Types
- High-Speed up to 300Mbps* Data Rate using IEEE 802.11n (draft) connection
- Built-in 3 External Antennas to support high speed performance and great coverage
- Firewall features Network Address Translation (NAT), and Stateful Packet Inspection (SPI) protects against Dos attacks
- Traffic Control with Virtual Server (max 64 configurable servers), special applications, Gaming types & Ubicom StreamEngine™ Feature
- Stream Engine Technology by Ubicom™ provides QoS traffic prioritization of online games, VoIP calls, and streaming video to reduce lag time and jitter
- UPnP (Universal Plug & Play) and ALGs Support for Internet applications such as Email, FTP, Gaming, Remote Desktop, Net Meeting, Telnet, and more
- Provides Additional Security of Enable/Disable SSID, Internet Access Control (Services, URL and MAC Filtering)
- Supports Multiple and Concurrent IPSec, L2TP and PPTP VPN Pass-Through Sessions
- Flash Memory for Firmware Upgrade, Save/Restore Settings
- Easy Management via Web Browser (HTTP) and Remote Management
- Supports 64/128-bit WEP, WPA/WPA2 and WPA-PSK/WPA2-PSK
- Compliant with Windows 95/98/NT/2000/XP/2003 Server, Linux and Mac OS

Keyboard Wireless, Pendamping HP dan PDA Anda

Oleh Ray Sugianto

Bila dicermati, hampir seluruh perangkat komunikasi sekarang ini sudah memiliki fasilitas koneksi data yang beragam. Handphone dan PDA menyediakan jalur koneksi antara penggunanya dan internet melalui beragam cara. Sebut saja GPRS, Wifi, dan HSDPA.

Adanya akses internet yang mobile tersebut membuat kegunaan alat-alat tersebut meningkat pesat dibandingkan 10 tahun yang lalu, di mana fungsi-fungsi perangkat belum terkonvergensi seperti sekarang. Dahulu PDA, yang digunakan untuk mencatat jadwal dan kontak seseorang, beserta fungsi-fungsi standar layaknya agenda, namun saat ini mulai dari mengunduh/download video, ber-chatting ria, sampai membuka email dan presentasi dapat dilakukan. Dapat dikatakan pula handphone, PDA, dan laptop sudah saling menularkan fungsinya masing-masing.

Namun mengapa peranan Laptop tidak juga tergantikan? Mungkin banyak sekali alasan yang dapat dikemukakan, mulai dari kemampuan komputasi yang lebih baik, memori lebih besar, dan lain-lain. Namun alasan yang sering diutarakan adalah karena fasilitas yang tersedia karena adanya koneksi internet banyak melibatkan input data, sedangkan mengetik di laptop jauh lebih nyaman (dan lebih cepat) dibandingkan mengetik menggunakan keypad handphone, screen recognition dan keyboard layar PDA, maupun keyboard mini UMPC. Hal ini yang menyebabkan mengapa masih banyak yang membawa laptop untuk menyusun email di tempat-tempat hot-spot padahal dia membawa serta PDA berkapasitas wi-fi dan handphone dengan GPRS / HSDPA.

Sebenarnya sudah lama beredar keyboard portabel untuk mengatasi kesulitan input data tersebut. Dimulai dengan adanya keyboard lipat yang harus dihubungkan kabel dengan PDA pada zaman Palm Pilot, kini keyboard portabel menggunakan koneksi Bluetooth atau Infra-Red dengan fasilitas lipat yang tetap sama untuk mempertahankan ukurannya yang kecil dan berat di kisaran 300 gram, beberapa bahkan berukuran lebih kecil dari PDA yang beredar. Bila keyboard lipat tersebut dibuka, maka ukurannya menjadi menyerupai keyboard standar laptop, dengan respons papan ketik yang kurang lebih sama, sehingga mengetik dokumen, email, dan berchatting-ria dapat dilakukan dengan lebih nyaman dengan hanya menggunakan PDA maupun handphone.

Keyboard Infra-Red mamang lebih sedikit menguras baterai perangkat dan keyboard, namun banyaknya perangkat yang sudah tidak menyediakan koneksi ini menyebabkan keyboard berbasis Bluetooth lebih populer, terlebih dengan jangkauan keyboard Bluetooth yang bisa mencapai 10 meter.

Penggunaan koneksi wireless keyboard juga memungkinkan sebuah keyboard digunakan untuk beberapa perangkat yang berbeda, dengan memperhatikan jenis koneksi yang digunakan perangkat. Harga keyboard tersebut juga cukup bersahabat, mulai Rp250 ribu sampai Rp750 ribu, di sebuah pusat komputer di Jakarta, tergantung merek dan kemampuan koneksinya, tentunya tidak mahal mengingat banyaknya fungsi handphone dan PDA yang dapat lebih digunakan serta dapat meringankan beban dengan tidak membawa laptop kemana-mana

Amazing Wireless Sound

Most of the cell phones today have Bluetooth technology and if your phone also supports Bluetooth stereo headset then you can have a whole new experience in music listening. Get grooving with these compact, convenient and comfortable headsets which give you long hours of entertainment.

The battery life of most Bluetooth stereo headsets is great to you can listen to music for long period of time. And the best part is that you can enjoy music without the annoying wires and cords dangling from the headset. With these Bluetooth headsets you can listen to music-hands free and with absolute comfort.

You can also answer incoming calls while you on your Bluetooth stereo headset. You only need to press a button to take you to the phone mode and once your call is complete,switch it back to the music mode. A piece of cake!

There is no discomfort in wearing them while exercising, playing or even working as these Bluetooth headsets are so light weight and easy to use. These are perfect for a lifestyle that needs a bit of entertainment to keep you going. Where ever you go , you can entertain and enjoy yourself by listening to music with ease and with out any irritation.

Bluetooth stereo headset is designed in an ergonomic way to suit every lifestyle. Since these are very light weight in design , you will not even feel like having a headset on.This gives comfort to your ears also.

The control buttons on these headsets are easy to handle. Call receiving,music button and volume buttons on either side of the ear pieces can easily be controlled.These are required for going back and forth from answering calls to listening music and vice versa.

As battery life is long, the Bluetooth headsets can give you hours of entertainment. You receive a talk time of around 15-16 hours. Also you can actually listen to 12 hours of music straight! Moreover you have 500 hours on standby. How cool is that! So you don’t need to constantly recharge it. A single recharge is good for a whole day or may be two, depending on your usage.

The Bluetooth stereo headset offers a range of at least 30 feet from a Bluetooth device so now you can download music from your Bluetooth enabled PC, home stereo system or even your MP3 player with your phone that supports Bluetooth 1.2.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar